Laman

Kamis, 21 Agustus 2014

Artikel




PERAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI
ASEAN ECONOMIC COMUNITY

  1. Pendahuluan
Dewasa ini kita sering mendengar, melihat atau membaca di media-media mengenai istilah AEC (Asean Economic Comunity). Mungkin yang terlintas dipikiran banyak orang adalah kerjasama ekonomi di kalangan ASEAN, tapi mungkin banyak juga orang bertanya bukannya selama ini memang sudah ada kerjasama ekonomi dengan ASEAN ? Pendapat tersebut memang benar, namun cakupan kerjasama tersebut masih dalam ruang lingkup yang terbatas. Sedangkan menurut pendapat menteri perekonomian Hatta Rajasa yakni “ ASEAN ini dengan AEC adalah sebuah komunitas tapi bukan menjadi sebuah komunitas yang lepas, tapi komunitas yang terstruktur karena ada aturan yang mengikat kita secara internal”. Dengan kata lain AEC adalah struktur yang berbentuk komunitas, AEC dibentuk Setelah krisis ekonomi yang melanda khususnya kawasan Asia tenggara.


  1. Isi
Indonesia mempunyai letak geografis, serta luas wilayah dan kekayaan alam yang melimpah tentu akan sangat menguntungkan apabila dimanfaatkan dengan baik. Namun apabila diabaikan, Indonesia dengan adanya AEC ini akan terus menerus menjadi konsumen dan tentunya akan merugikan bangsa ini. Tentunya hal ini merupakan tanggung jawab kita sebagai warga negara Indonesia untuk menjadikan negara kita sebagai produsen dalam komunitas Asean Economic Comunity. Sebagai pucuk generasi muda terutama para Mahasiswa merupakan ladang utama orang-orang yang mempunyai daya kreatif tinggi. Mahasiswa dianggap sebagai orang atau pemuda-pemudi yang masih mempunyai daya pikir yang inovatif, kreatif dan kritis yang pada umumnya bersemangat dalam mencetuskan ide-ide baru baik untuk diri mereka sendiri maupun bagi oranglain ataupun masyarakat umum. Tidak dapat dipungkiri bahwa ide-ide mahasiswa dapat berpengaruh pada pola pikir masyarakat yang pada akhirnya mampu membawa perubahan dalam aspek sosial, budaya,  maupun politik. Bukan hanya itu, adanya aktivis-aktivis kampus yang kritis juga mampu membawa perubahan terhadap ekonomi. Dengan keberanian mereka untuk menyampaikan aspirasinya melalui aksi demonstrasi, secara langsung maupun secara tidak langsung mampu memberikan angin segar terhadap pemerintah dalam mengambil maupun membuat keputusan bagi rakyat luas. Meskipun tidak jarang para aktivis atau demonstrasi mahasiswa dianggap hanya membuang-buang tenaga dan pikiran saja. Namun hal itu tidak menyurutkan mahasiswa untuk terus memperjuangkan aspirasinya dengan harapan aspirasi tersebut dapat berguna bagi khalayak luas.
Mahasiswa yang berilmu pengetahuan luas, menyukai hal-hal baru, bersemangat juang tinggi, berpikiran kritis, dan berkepedulian sosial tinggi, merupakan agen yang mampu mengembangkan perekonomian Indonesia dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Mahasiswa yang telah berani berwirausaha membuktikan bahwa usaha yang dilakukan mereka dapat membuahkan hasil yang manis karena selain menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain, menambah pengalaman diri sendiri, juga dapat memotivasi mahasiswa lain untuk melakukan hal yang serupa. Mahasiswa sebagai pemikir bangsa berperan untuk memberikan solusi bagi kedaulatan bangsa dan negara  di bidang ekonomi. Mahasiswa sebagai elemen bangsa dengan potensi pemikirannya besar sekali peran dan fungsinya, misalnya dengan mengadakan penelitian-penelitian, membuat karya tulis di berbagai media, atau seminar-seminar dalam rangka mencari solusi bagi bangsa dan negara untuk menuju bangsa yang berdaulat di bidang ekonomi. Selain itu mahasiswa juga dapat berperan aktif sebagai wirausaha muda yang memiliki daya pikir kreatif, inovatif dan kritis sehingga akan mampu bersaing dengan mahasiswa dari negara ASEAN lain. Di samping itu dengan berwirausaha akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan akan menanamkan sifat sebagai produsen dalam diri Mahasiswa.

  1. Kesimpulan
Maka dari itu kita sebagai mahasiswa yang mencintai negeri ini juga harus mampu mencintai produk dalam negeri dalam artian kita harus mengurangi konsumsi produk impor.
Sumber : Lutfiani Zetti Fahmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar